Sabtu, 17 Desember 2011

Bahasa Indonesia Baku

1. Kesalahan Stuktur (S + P)
a. Kalimat aktif dan pasif
contoh: Saya sudah jelaskan masalah itu. (salah)
              S       M                   O
              aktif            pasif
aktif : S + M + P + O
pasif : O + M + S +P / M + S + P + O
contoh modals : harus, akan, sudah,...
  •  Aktif =  Saya sudah menjelaskan hal itu.
  •                S        M             P          O
  •  Pasif =  Masalah itu sudah saya jelaskan 
  •                    O             M      S        P
  •                    S                     P
  •              Sudah saya jelaskan masalah itu.
  •                            P                       S
  Dalam pertemuan itu kami akan bahas masalah pendidikan.
aktif :  _________  kami akan membahas __________.
                 K                                                    O
pasif : _________ akan kami bahas masalah pendidikan..  (bentuk dasar)
                  K                   P                     S

Contoh kalimat pasif dalam bnetuk dasar :
    Saya baca buku itubetul jika menggunakan kata ganti orang seperti saya, kami, engkau,...
           P            S
dan salah jika tidak menggunakan kata ganti orang seperti :
Mobil itu tabrak pohon. (salah)
      P              S

Kalimat aktif : Lelaki itu menyediakan perlengkapan pernikahan.
Kalimat pasif : Lelaki itu sediakan perlengkapan pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar